Minggu, 17 Agustus 2008

Bos, apelnya kecil amat ? (1)

Pas, 17 Agustus, 63 tahun silam bangsa ini merdeka. Apa yang bisa kita kerjakan untuk untuk menunjukkan betapa cintanya diri kita kepada negeri indonesia, hari ini ??. Tiba-tiba, muncul bayangan mas prabowo...dengan iklan HKTI-nya (iklan pilpres kali ya?)...belilah makanan, sayuran dan buah-buahan produksi petani indonesia...aha, mengapa tidak ?!. Yup, tidak jauh dari surabaya the most valuable local brand : bakso bakar dan apel malang...hmmh...nyam-nyam.

Tepat, jam 10.15 kereta api malang express jurusan surabaya-malang berangkat, but unbelievable....bener-bener gak dipercaya ??, KA ME ini bergerak sesuai jadwal, jam 10.15!. Hari kemerdekaan...yang benar-benar merdeka...ya merdeka dari keterpaksaan untuk telat, perasaan sebal, dongkol dan kebohongan publik...maaf KA-nya terlambat ..bla bla bla.

Ah, kota malang...ternyata tidak sedingin yang kubayangkan....mungkin seperti halnya kota bogor, pertumbuhan masyarakat yang diikuti pembangunan fisik permukiman, industri, dan wisata membuat lahan hijau makin tergerus dan kehabisan tempat. Tapi, belum parah sih...semoga saja tetap ada political will pemerintah untuk menyelaraskan pembangunan fisik dan lingkungan, sehingga kota malang-ku..masih dingin, hijau dan asri...tidak bernasib malang tentunya he he he..

Setelah, menempuh jalur angkot ADL-Landung Sari-Tugu...dan ngojek..sampailah di wisata kebun apel kusuma, seperti apa tempatnya ya ?. Tempat ini, atau pemiliknya pernah mendapatkan penghargaan dari presiden SBY, berupa penghargaan upakarti tahun 2006, lumayan juga.

Kesan pertama, di front office, maaf nih ya...lo kok..pada sibuk semua ?..kurang ada sambutan dan ramah tamah...welcome drink-nya..waduh..dikit amat lebihnya dibanding...ama temen pekerja informal, diterminal bungurasih ??. Tiba-tiba saja aku teringat tahun 2006, ketika jalan-jalan di bangkok, thailand...beda!, wow...sambutannya..manis bangeeet...how are you? from indonesia..can i help you ?..plus senyum yang menggoda.??. Tapi, That's the point, Care terhadap pelanggan, bagaimana memberikan penghargaan, pelayanan yang simpatik, sederhana sih..tapi nancep dihati!. Dan sebagai pelanggan...yang istilah marketing katanya "raja",...puas deh, awal yang menyenangkan!.
(bersambung).

Tidak ada komentar: